Assalamualaiku Warahmatullahi Wabarakatuh.. Selamat datang di blog sederhana saya semoga apa yang anda cari ada disini.. mohon kritik dan sarannya.. :)

Sistem Navigasi Bunyi pada Hewan

Kemajuan teknologi telah memungkinkan digunakannya gelombang bunyi sebagai alat bantu pendengaran jarak jauh. Dengan berbagai peralatan di peroleh berbagai data yang akhirnya dapat di tefsirkan dengan metode tertentu.

Tahukah kamu bahwa sistem pendengaran jauh menggunakan gelombang bunyi itu secara alami di miliki oleh beberapa jenis hewan.? Ikan paus dan lumba-lumba, misalnya, menggunakan gelombang infrasonik untuk berkomunikasi satu sama lainnya. Seekor ikan paus memancarkan isyarat berupa gelombang infrasonik yang akan diterima oleh ikan paus lain hingga jarak puluhan kilometer.


Sistem navigasi dengan gelombang ultrasonik ternyata dimiliki oleh kelelawar. Saat terbang, kelelawar memancarkan gelombang ultrasonik dan mendeteksi kembali pantulannya. Karakteristik gelombang pantulan yang diterima kembali oleh kelelawar menentukan tindakan kelelawar itu. Jika yang terdeteksi adalah mangsanya, kelelawar akan segera mengejar dan menangkapnya. Nnamun, jika yang terdeteksi adalah dinding batu, misalnya, tentusaja kelelawar akan segera membelok, menghindari dirinya agar tidak menabrak dinding itu.

1 komentar:

Admin mengatakan...

Waooo... ada kelelawar yang kesiangan. Salam kenal

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...