Assalamualaiku Warahmatullahi Wabarakatuh.. Selamat datang di blog sederhana saya semoga apa yang anda cari ada disini.. mohon kritik dan sarannya.. :)

Listrik statik dalam Kehidupan Sehari-hari

Tahukan kamu bahwa ketika sedang menyisir rambut menggunakan sisir plastik, sebenarnya kamu tengah membuat sisir ditangan mu memiliki tegangan sebesar ribuan Volt.? Akan tetapi, mengapa dirimu tidak berada dalam bahaya tersengat listrik ribuan volt?

Sisir yang kamu gosokkan pada rambutmu memang bisa memiliki tegangan hingga 10.000 volt. Akan tetapi, kamu tetap berada dalam keadaan yang aman karena tidak ada satupun elektron yang mengalir melalui tubuhmu. Tubuh mu dapat tersengat listrik jika terdapat aliran arus listrik yang melintasi tubuh mu. Hal itu berbeda dengan keadaan ketika kamu menyisir rambutmu. Walawpun timbul tegangan listrik yang besar, tidak ada muatan listrik yang mengalir melalui tubuh mu. Akibatnya kamu tidak dapat merasakan fenomena itu.


Kamu dapat merasakan kejutan listrik statik apabila kamu menyentuh bagian luar pintu mobil yang baru saja berhenti tanpa menggunakan alas kaki. Sejumlah muatan yang timbul karena adanya gesekan mobil dengan tanah ketika berjalan dapat menginduksi muatannya pada pintu mobil. Akibatnya, seseorang yang tidak mengenakan alas kaki akan merasakan kejutan listrik ketika ia menyentuh pintu mobil. Hal itu yang menyebabkan beberapa mobil memasang pita karet yang menjulur hingga menyentuh tanah. Hal itu dimaksudkan agar muatan listrik dapat langsung disalurkan ke dalam tanah.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...