Assalamualaiku Warahmatullahi Wabarakatuh.. Selamat datang di blog sederhana saya semoga apa yang anda cari ada disini.. mohon kritik dan sarannya.. :)

Tips Menghadapi Demam Panggung

4 Tips Mengatasi Demam Panggung atau Phobia


4 Tips Jitu Mengatasi Demam Panggung


Demam panggung adalah kekhawatiran, ketakutan, atau fobia yang berhubungan dengan penampilan di depan penonton atau kamera. Bentuk ketakutan ini dapat mendahului atau menyertai penampilan di depan umum. Demam panggung juga ditemukan pada olahragawan. Dalam kasus ini ketakutan bahwa mereka akan berprestasi lebih rendah dari harapan penonton.


Beberapa akibat dari demam panggung adalah tremor di tangan dan kaki, diare, mulut kering. Demam panggung dapat menimpa siapa saja, dari pemula sampai veteran.


Ada 4 hal yang perlu Anda lakukan untuk dapat mengatasi demam panggung adalah


1. Kuasai materi


Salah satu kunci sukses berbicara di depan umum adalah percaya diri. Dan faktor utama untuk dapat berbicara dengan penuh percaya diri adalah dengan menguasai materi. Untuk itu, usahakan Anda hafal dengan materi yang hendak disajikan dalam presentasi. Selanjutnya, bacalah buku-buku atau referensi terkait dengan materi untuk memperkaya penguasaan Anda terhadap materi. Menguasai materi presentasi dengan baik secara otomatis akan meningkatkan kepercayaan diri Anda untuk tampil di depan umum.


2. Bersikaplah relaks


Banyak yang mengatakan salah satu teknik untuk reaksasi adalah dengan menghela nafas panjang, Menghela nafas akan memudahkan oksigen memenuhi otak sehingga secara otomatis akan membuat Anda lebih relaks sebelum memulai sebuah presentasi. Fokuslah pada wajah-wajah ramah dan tulus, sampai Anda merasa nyaman.


3. Jangan takut salah


Orang biasanya stress hingga mengalami demam panggung akibat merasa takut gagal dalam ketika harus muncul di publik. Salah satu cara mengatasi demam panggung adalah dengan menghilangkan fikiran bahwa Anda harus sukses. Yakinlah bahwa Anda telah siap.


4. Hilangkan pikiran-pikiran negative yang membuat Anda terpengaruh, sehingga pikiran tersebut membuat Anda takut untuk tampil di depan penonton


Semoga Bermanfaat tips mengatasi fobia dan demam di panggung



Artikel 4 Tips Mengatasi Demam Panggung atau Phobia ini dipersembahkan oleh TDWClub.com.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...